Prosais: PUJANGGA PENGGUNCANG DUNIA



Masih banyak tanda tanya yang belum terungkap, berjejal di sepanjang jalan yang kita lalui. Tanda tanya menanti sang pujangga untuk menggetarkan penanya, mengukir titik dan koma di atas hamparan kanvas semesta. Pada saat itulah, tabir demi tabir kerahasiaan Sang Maha Segala Maha perlahan terungkap oleh intelektualita sang pujangga.

Seonggok kemuliaan pena mampu mengangkat takhta, menebarkan rona bunga-bunga wangi, memendarkan cahaya cita yang menyilaukan, dan menghadiahi keparipurnaan masa depan yang tiada akhir. Segala bentuk pengrusakan biadab yang mampu merajam wajah bangsa dihalaunya atas nama kehormatan pendidikan. Tiada gentar, malas pun lelah dalam menepis wujud kejahiliahan.

Sungguh, siapa pun yang mendapat pendidikan bijaksana di atas tanah yang ia pijak, maka ketinggian, kebahagiaan, kesuksesan, dan keluasan wawasan akan senantiasa menerangi jalan kehidupannya. Seperti butiran mutiara yang tertimbun di kedalaman laut, sesulit apapun tetaplah dicari karena hadirnya mampu menggemparkan seisi dunia.

 

Tanggamus, 10 Juni 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi: RINDU MENGAJARKANKU

Cerpen: BINTANG

Sepanjang Pesisir Tanggamus (1), Sepanjang Pesisir Tanggamus (2)